Bisnis

16,9 juta pelaku UMKM telah terhubung dengan sistem digital

Perluasan literasi digital memiliki posisi penting akselerasi pertumbuhan UMKM.

Rabu, 19 Januari 2022 16:00

Ekosistem digital memiliki peran penting di dalam memperluas pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Teten Masduki mengatakan, pemerintah punya target di 2024 sebanyak 30 juta UMKM sudah terhubung dengan sistem digital.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada 16,9 juta pelaku UMKM yang telah terhubung dengan sistem digital. Jumlah ini mengalami kenaikan lebih dari 100% selama masa pandemi.

"Pada 2024 pemerintah targetkan 30 juta UMKM terhubung sistem digital. Perluasan literasi digital memiliki posisi penting akselerasi pertumbuhan. Ini platform TOKKO dan BukuKas bisa ambil peran," paparnya dalam Konferensi Pers BukuKas/Rebranding TOKKO, Rabu (19/1).

BukuKas sendiri adalah sebuah startup yang telah berdiri selama dua tahun. Melalui produk andalannya TOKKO memiliki visi mempercepat pertumbuhan UMKM di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara.

Teten menyebut, TOKKO menyediakan website resmi yang bisa dikelola oleh UMKM. Memiliki kelebihan dalam alternatif penjualan online dengan pendekatan direct consumer teknologi.

Anisatul Umah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait