Bisnis

2 tahun Jokowi-Ma'ruf, Pengamat: Banyak ruang yang bisa dioptimalkan

Jika melihat dari indikator perekonomian pada pemerintahan Jokowi, dibandingkan dengan dua tahun yang lalu, memang mengalami penurunan.

Sabtu, 23 Oktober 2021 07:42

Pemerintahan Jokowi sudah memasuki tahun kedua pada periode kedua atau tahun ketujuh sejak periode pertama. Tentu banyak capai-capaian yang telah dilakukan oleh pemerintahan saat ini. Tetapi banyak juga ruang yang bisa dioptimalkan.

Ekonom senior Fadhil Hasan mengungkapkan, dalam kinerja pemerintahan atau presiden biasanya cara melihatnya dari dua cara. Pertama, dilihat dari perspektif publik atau penilaian publik terhadap kinerja pemerintahan tersebut. Ini biasanya dilakukan oleh lembaga survei dengan wawancara atau metode statistik yang dapat dipertanggung jawabkan dari berbagai sisi. 

"Dan yang kedua adalah dengan melihat pandangan daripada expert atau penilaian dari para ahli. Ini juga bisa melihat bagaimana kinerja pemerintahan,” jelas Fadhil Hasan dalam diskusi virtual, Jumat (22/10)

Fadhil Hasan menambahkan, penilaian publik belum tentu sejalan dengan penilaian dari expert. Apa yang diterima publik, bisa jadi akan berbeda dengan yang dipahami atau diterima para expert. 

Misalnya beberapa waktu lalu ada tulisan yang sangat mengundang kontroversi dari Kishore Mahbubani, profesor dari NUS, tentang Genius of Jokowi, yang seolah-olah Jokowi itu perfect dalam menangani berbagai macam persoalan, baik ekonomi maupun politik. Tetapi kemudian ada yang membantah penilaian dari Mahbubani itu. 

Kania Nurhaliza Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait