Bisnis

Agar Gen Z tak terjebak gaya hidup ‘self reward’

Gen Z seringkali dikenal boros karena memberikan self reward tanpa memperhatikan kondisi keuangannya.

Selasa, 31 Oktober 2023 18:40

Generasi Z atau dikenal Gen Z menjadi bagian dari masyarakat produktif yang kerap disorot karena berbagai citranya. Salah satunya, adalah kebiasaan boros yang membuat generasi yang lahir dalam rentang 1995 sampai 2010 ini dinilai tak pandai mengelola keuangan. Lantas apa yang harus dilakukan Gen Z untuk menjaga arus keuangannya stabil untuk jangka panjang?

Selain dikenal boros dengan gaya hidup ‘self reward’ atau hadiah kepada diri sendiri atas pencapaiannya, Gen Z bahkan kerap hidup di luar batas kemampuan finansialnya. Memang, rata-rata usia produktif Gen Z yang masih berkepala dua dinilai belum cukup pengalaman mengelola penghasilannya. 

Pemborosan gaya hidup berlabel self reward acap kali dilakukan tanpa memperhatikan penghasilan dan pengelolaan keuangan yang baik. Sering kali, generasi yang  lahir pada akhir abad ke 20 dan awal abad ke 21 ini mencampuradukkan penghasilan untuk biaya sehari-hari dengan gaya hidup yang tidak terlalu penting dan hanya sekadar untuk bersenang-senang.

“Miliki anggaran khusus untuk self reward, dalam rekening terpisah dan hanya gunakan itu, tidak mengambil dari rekening tujuan lain. Jika dana di rekening tersebut belum mencukupi untuk self reward, isi dulu secara bertahap, dan jangan gunakan utang,” kata Kepala Perencana Keuangan dari OneShildt Financial Independence Agustina Fitria Aryani kepada Alinea.id, Selasa (31/10).

Sedangkan untuk tujuan yang lebih prioritas, buat sistem otomatis debet rekening ke akun khusus misalnya akun investasi. Ia juga membagikan tips khususnya kepada Gen Z yang belum menikah. “Prioritas utama adalah menyiapkan dana darurat, yaitu dana yang stand by di rekening untuk hidup selama minimal 3 bulan agar hidup tetap tercukupi saat ada PHK atau kondisi darurat seperti biaya RS yang tidak ter-cover BPJS Kesehatan/asuransi, keluarga yang butuh bantuan segera, atau kerusakan kendaraan yang harus segera diperbaiki,” kata Fitri.

Ummu Hafifah Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait