Bisnis

Airlangga: Ekonomi digital sebagai kekuatan baru

Transaksi e-commerce perbankan digital dan uang elektronik diprediksi akan terus meningkat di tahun ini.

Minggu, 21 November 2021 13:43

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan, industri berbasis teknologi dan digitalisasi akan menjadi mesin pertumbuhan baru (engine of growth) perekonomian Indonesia.

"Peluang ini harus dimanfaatkan oleh generasi muda dan menjadi inspirasi untuk menggali potensi pengetahuan dan keterampilan," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Minggu (21/11).

Ketua Umum Partai Golkar itu menyampaikan, bahwa 2030 Indonesia akan memasuki bonus demografi yaitu 64% dari penduduk Indonesia terdiri dari generasi usia produktif. 

Menurutnya, karakteristik anak muda yang kreatif, adaptif, dan inovatif harus terus dikembangkan dalam era industri 4.0 dan ekonomi digital Indonesia yang membutuhkan sembilan juta talenta digital untuk 15 tahun ke depan.

Lebih lanjut, Airlangga mengungkapkan, tren penurunan kasus Covid-19 pasca lonjakan varian Delta telah meningkatkan mobilitas masyarakat, sehingga pada triwulan ke III-2021 perekonomian Indonesia berada di angka 3,51% (yoy). 

Davis Efraim Timotius Reporter
Achmad Rizki Editor

Tag Terkait

Berita Terkait