Bisnis

Aksi mogok pekerja Boeing membuat produksi pesawat terhenti

Ortberg pada hari Rabu mendesak para pekerja untuk memberikan suara menentang pemogokan.

Jumat, 13 September 2024 15:06

Sekitar 33.000 pekerja pabrik Boeing di Pantai Barat Amerika Serikat telah memberikan suara mayoritas untuk mogok kerja. Aksi protes pegawai ini menjadi pukulan terbaru bagi stabilitas organisasi perusahaan raksasa pesawat itu.

Para pekerja di pabrik-pabrik perusahaan di Seattle dan Portland, Oregon pada hari Kamis memilih untuk mogok kerja mulai tengah malam setelah menolak tawaran terbaru dari manajemen untuk gaji dan kondisi kerja yang lebih baik.

Asosiasi Pekerja Mesin dan Dirgantara Internasional (IAM) mengatakan bahwa 94,6 persen anggotanya memilih untuk menolak kontrak dan 96 persen mendukung pemogokan.

Tawaran Boeing akan menaikkan gaji sebesar 25 persen selama empat tahun, mengurangi porsi biaya perawatan kesehatan pekerja, dan meningkatkan kontribusi pensiun perusahaan.

Tawaran pembuat pesawat itu juga mencakup komitmen untuk membangun pesawat berikutnya di fasilitasnya di Seattle setelah perusahaan itu membuat marah anggota serikat pekerja dengan memindahkan produksi 787 Dreamliner ke pabrik non-serikat pekerja di Carolina Selatan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait