Dua produk yang diluncurkan dari kolaborasi ini adalah EmasKITA yang merupakan emas mikro dan Kencana, perhiasan emas 24 karat.
PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam, bersama entitas anak PT Abuki Jaya Stainless Indonesia (AJSI), dan PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) meluncurkan dua produk emas, yaitu EmasKITA dan Kencana.
EmasKITA atau Emas Kecil Investasi Terpercaya dan Aman, merupakan logam mulia mikro (99,99%) pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram, yang dirancang khusus untuk dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Sedangkan Kencana atau Keindahan Terpercaya dan Bermakna, merupakan koleksi perhiasan emas dengan kadar emas 99,99% yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.
Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis Antam Risono mengatakan, sinergi Antam dan Hartadinata merupakan implementasi strategi perseroan dalam melakukan penetrasi ke dalam segmen logam mulia mikro dan perhiasan emas di pasar domestik.
“Kerja sama ini semakin membuka kesempatan investasi logam mulia bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Jika sebelumnya investasi emas hanya bisa dijangkau oleh masyarakat menengah atas saja, sekarang seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi EmasKITA yang produknya aman, berkualitas, dan harganya terjangkau,” kata Risono dalam konferensi pers, Selasa (22/6).
Dia melanjutkan, kolaborasi ini juga menghadirkan Kencana, yaitu perhiasan emas murni yang bisa mendukung penampilan, sekaligus sebagai instrumen investasi jangka panjang yang menguntungkan.