Bisnis

Bahayanya lansia mengurus uang di bank

Enam kiat untuk para keluarga melindungi orang-orang tua mereka dari penipuan finansial.

Jumat, 18 Oktober 2024 16:17

Seorang bankir pribadi Citibank di Manhattan, New York AS memanfaatkan seorang pria tua yang menderita demensia. Alih-alih membantu lansia itu mengatur uangnya, ia justru mencuri uang pria tua sejumlah lebih dari US$150.000. Sebagian uang itu ia pakai berfoya-foya salah satunya membeli sepeda motor Harley-Davidson mewah.

Juan Velez, 35, dari Hoboken, NJ, bankir culas itu bisa saja menghabiskan hingga 15 tahun di balik jeruji besi atas kejahatannya. Namun, jaksa penuntut mengatakan ia berhasil menegosiasikan kesepakatan pembelaan yang mengurangi hukumannya menjadi enam bulan penjara, yang mulai dijalaninya pada hari Selasa.

Velez, seorang bankir pribadi di Lower East Side, mengakui telah melakukan skema selama setahun untuk mencuri US$166.000 dari seorang klien berusia 79 tahun. Ia menggunakan uang curian tersebut untuk melunasi kartu kreditnya dan membeli sepeda motor Harley-Davidson.

Korban sebelumnya mengunjungi cabang Citibank beberapa kali seminggu untuk berbicara dengan Velez. Namun, Velez, yang diam-diam mencuri darinya, memanfaatkan kunjungan rutin pria tua itu yang menderita demensia. 

Skema rumit Velez melibatkan pembuatan akun palsu, menyamar sebagai pria tua, dan mentransfer uang korban kepada dirinya sendiri. Mantan bankir itu ditangkap pada bulan Mei - sebulan setelah transaksi ilegal terakhirnya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait