Bisnis

Begini cara cegah tekor saat Idulfitri

Sebelum kalap membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, alangkah baiknya mengetahui kebutuhan Anda, kemudian membuat daftar prioritas.

Selasa, 11 Mei 2021 16:30

Hari Raya Idulfitri atau lebaran sudah di depan mata. Untuk menyambut hari yang paling istimewa ini, biasanya umat Muslim melakukan banyak persiapan. Mulai dari belanja lebaran dengan memadati pusat perbelanjaan, membeli kue kering, hingga membeli bahan-bahan memasak sajian di hari lebaran.

Financial Educator Lifepal Aulia Akbar mengatakan, persiapan menyambut Hari Kemenangan itu terkadang membuat umat Muslim di Indonesia kebablasan dalam menjaga keuangannya.

Agar tidak boncos saat lebaran, menurut Aulia langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengalokasikan anggaran khusus untuk belanja lebaran. Saat belanja, harus disesuaikan antara kebutuhan dan kemampuan.

Dengan memanfaatkan THR, Anda bisa mengalokasikan dana khusus untuk belanja kebutuhan lebaran dan memenuhi hal-hal lain yang esensial dan wajib. Beberapa di antaranya, ketersediaan dana darurat, asuransi kesehatan dan jiwa atau asuransi mobil, hingga berinvestasi. Meski sifatnya setahun sekali, bukan berarti Anda bisa bebas menghabiskan uang untuk belanja kebutuhan lebaran.

"Kuncinya adalah, jangan sampai belanja lebaran ini mengganggu jatah uang bulanan supaya tetap bisa hidup normal setelah lebaran nanti. Dengan mengalokasikan dana untuk lebaran, bisa menjadi kontrol agar kita tidak kalap saat belanja," kata dia, Selasa (11/5).

Annisa Saumi Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait