Bisnis

Belum jadi presiden, Trump buat ekonomi Meksiko ketar-ketir

Trump juga meminta produsen mobil Jerman, yang mengoperasikan pabrik-pabrik besar di Meksiko.

Rabu, 02 Oktober 2024 11:08

Saat presiden perempuan pertama Meksiko, Claudia Sheinbaum, memulai masa jabatannya pada tanggal 1 Oktober, awan gelap mulai menyelimuti ufuk utara negara Amerika Tengah tersebut. Calon presiden dari Partai Republik AS Donald Trump kembali menjerumuskan model ekonomi Meksiko yang mengandalkan produksi berbiaya rendah untuk pasar AS ke dalam keraguan. Trump lebih dari itu meminta perusahaan-perusahaan di sana untuk segera merelokasi operasi mereka ke Amerika Serikat atau menghadapi tarif yang lebih tinggi.

Saat berbicara kepada anggota partai di Konvensi Nasional Partai Republik pada bulan Juli, ia memperingatkan produsen kendaraan listrik Tiongkok di Meksiko bahwa kendaraan listrik mereka akan menjadi tidak terjangkau karena bea masuk baru sebesar 100% yang akan ia kenakan pada impor mereka.

Trump juga meminta produsen mobil Jerman, yang mengoperasikan pabrik-pabrik besar di Meksiko, untuk "menjadi perusahaan mobil Amerika."

"Saya ingin mereka membangun pabrik mereka di sini," kata Trump dalam pidato kampanye di Savannah, Georgia, pada tanggal 24 September, saat ia menjanjikan pengurangan tarif pajak perusahaan sebesar 15%.

Pertumbuhan ekonomi Meksiko yang pesat menghadapi tantangan politik

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait