Bisnis

Berkuasa satu dekade, kelebihan dan kekurangan Jokowi

Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi segera berakhir.

Kamis, 29 Agustus 2024 18:21

Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi segera berakhir. Total dua kali Jokowi terpilih menjadi presiden.

Dalam satu dekade kepemimpinannya, Jokowi menyisakan sederet pekerjaan rumah. Institute For Development of Economics and Finance (Indef) mencatat ada regresi demokrasi yang berdampak pada bidang ekonomi.

Direktur Eksekutif Indef Esther Sri Astuti mengatakan regresi itu terlihat dari pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang membuat korupsi merajalela. Belum lagi, ada kebijakan yang seakan dibuat khusus untuk oligarki seperti pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pun demikian dengan kucuran bantuan sosial alias bansos yang dianggap tidak memberikan dampak efektif terhadap tingkat kemiskinan karena hanya turun 2% dalam 10 tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin pada Maret 2013 mencapai 28,17 juta orang dengan persentase penduduk miskin sebesar 11,38%. Pada Maret 2024, angkanya tak beda jauh atau sebesar 25,22 juta orang dengan persentase penduduk miskin 9,03%. 

Immanuel Christian Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait