Bisnis

BI luncurkan desain rupiah digital, diimplementasikan bertahap

Peluncuran ini diharapkan menjadi katalisator pengembangan desain CBDC ke depannya.

Rabu, 30 November 2022 20:21

Bank Indonesia (BI) resmi menerbitkan high level design atau pengembangan rupiah digital yang terangkum dalam White Paper (WP). Peluncuran ini bersamaan dengan momentum Pertemuan Tahunan BI, Rabu (30/11).

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyampaikan, WP ini mencakup rumusan tentang central bank digital currency (CBDC) bagi Indonesia dengan mempertimbangkan asas manfaat dan risiko. Penerbitan tersebut menjadi langkah awal Proyek Garuda, yang memayungi berbagai inisiatif eksplorasi atas berbagai pilihan desain arsitektur rupiah digital.

"Pada hari ini, dengan izin Pak Presiden Joko Widodo, secara resmi kami luncurkan White Paper Rupiah Digital yang kami sebut Proyek Garuda," jelas Perry dalam penjelasannya di sela-sela Pertemuan Tahunan BI 2022.

Kunci utama pengembangan rupiah digital, terangnya, untuk menegaskan fungsi BI sebagai otoritas tunggal dalam menerbitkan mata uang, termasuk mata uang digital (sovereignty digital rupiah), memperkuat peran BI di kancah internasional, dan mengakselerasi integrasi ekonomi keuangan digital (EKD) secara nasional.

Selain itu, Perry menilai, rupiah digital menjadi salah satu dari kebijakan sistem pembayaran guna mengakselerasi digitalisasi.

Erlinda Puspita Wardani Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait