Bisnis

Blunder pemerintah buka tutup ekspor benur

Pemerintah berencana membuka kembali ekspor benih lobster.

Rabu, 20 Maret 2024 17:26

Sejak akhir tahun kemarin, isu dibukanya kembali ekspor benih lobster atau benur kembali terdengar di publik, menyusul adanya rencana revisi Peraturan Menteri Kelautan (Permen KP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah Negara Indonesia. Isu itu semakin mencuat tatkala rencana kerja sama Indonesia-Vietnam untuk mengembangkan budidaya lobster terungkap.

Sementara alasan rencana pembukaan kembali ekspor benur adalah karena masih bocornya keran ekspor ilegal benih lobster, termasuk ke Vietnam. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tb Haeru Rahayu mengungkapkan, bocornya keran ekspor ilegal benur ke Vietnam terlihat dari masih moncernya produksi budidaya lobster di negara tersebut.

“Tapi yang mengejutkan, BBL (benih bening lobster)-nya itu semua datangnya dari Indonesia, enggak langsung mereka beli dari kita, tapi dari dua negara tetangga kita. Ini yang menjadi concern kami,” kata Haeru, beberapa waktu lalu.

Padahal, kebutuhan BBL Vietnam cukup banyak, mencapai 300 juta hingga 600 juta per tahun. Dengan harga benih lobster di Vietnam sekitar US$2, maka seharusnya ada sekitar US$1,2 miliar yang masuk ke kantong Indonesia.

“Ini sesuatu banget, tapi 1 sen pun tidak ada yang masuk sebagai penerimaan negara,” bebernya.

Qonita Azzahra Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait