Bisnis

Bujet jumbo program makan bergizi gratis

Satu porsi makan bergizi gratis berisi komplet dengan harga berkisar Rp15.000.

Senin, 01 Juli 2024 18:16

Program makan bergizi gratis masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Anggaran untuk program unggulan presiden terpilih Prabowo Subianto itu disepakati Rp71 triliun dan dilakukan bertahap. 

Hasil komunikasi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran menyepakati pelaksanaan program yang dulu bernama makan siang gratis itu dilakukan secara bertahap. Angka Rp71 triliun merupakan anggaran untuk tahun pertama.

Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo menghitung, maksimum sekitar 15% hingga 17% dari anak sekolah akan terkaver dalam program tersebut di tahun 2025. Estimasi itu berdasarkan hitungan awal jumlah anak sekolah di Indonesia yang mencapai 82,9 juta.

Dia optimistis program itu akan berjalan lancar karena pihaknya telah melakukan simulasi terkait berbagai risiko yang dikhawatirkan. Bahkan, termasuk kenaikan harga pangan serta energi global.

Nantinya, satu porsi makan bergizi gratis berisi komplet dengan harga berkisar Rp15.000. Namun, Drajad belum bisa memastikan terkait menu yang akan disajikan. 

Immanuel Christian Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait