Bisnis

Cawe-cawe Presiden anarko-kapitalis cabut akar sepakbola Argentina

River Plate bahkan lebih lugas: “Kami menolak perusahaan terbatas publik di sepak bola Argentina.”

Jumat, 05 Juli 2024 08:55

Lionel Messi, Diego Maradona, Juan Roman Riquelme, adalah segelintir pemain Argentina yang memiliki nama besar di dunia sepakbola. Namun sebelum mereka mencapai panggung internasional, mereka memiliki kesamaan: Langkah pertama mereka dimulai di jaringan luas klub olahraga lingkungan atau “clubes de barrio” di Argentina.

Klub-klub ini, yang diperkirakan berjumlah hampir 20.000 orang, telah menjadi bahan perdebatan di bawah Presiden Javier Milei, seorang “anarko-kapitalis” yang mulai menjabat pada bulan Desember.

Milei telah mendorong peningkatan privatisasi dalam perekonomian Argentina, dan bahkan sebelum dia terpilih, dia sudah mengarahkan perhatiannya pada klub-klub sepak bola yang paling dibanggakan di negara tersebut: Kelompok-kelompok besar seperti Asosiasi Sepak Bola Argentina saat ini mengharuskan anggota mereka menjadi asosiasi sipil nirlaba.

“Apakah Anda lebih suka melanjutkan penderitaan ini, di mana kualitas sepak bola kita semakin buruk?” Milei bertanya kepada pembawa acara radio dan TV Alejandro Fantino, membela gagasan tersebut pada tahun 2022.

Namun, para pendukung komunitas memperingatkan bahwa privatisasi – ditambah dengan langkah-langkah penghematan yang dilakukan Milei – dapat mengancam keberadaan klub-klub lingkungan.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait