Bisnis

Dilema petani durian Musang King, antara mempertahankan rasa dan manjakan selera pasar Tiongkok

Ting juga menambahkan bahwa durian Malaysia, yang dikenal memiliki kombinasi rasa manis dengan sedikit pahit, berbeda dari durian Thailand yang lebih manis.

Selasa, 17 September 2024 12:55

Durian Musang King, yang dikenal sebagai varietas premium, saat ini menghadapi tantangan terkait perubahan rasa. Beberapa petani memodifikasi rasa durian ini untuk menyesuaikan dengan selera pasar yang berbeda, tetapi tindakan ini memicu ketidakpuasan di kalangan penggemar durian.

Musang King populer karena dagingnya yang berwarna emas dan rasanya yang manis dengan sedikit rasa pahit. Namun, para petani mulai mengubahnya menjadi lebih manis dan mengurangi rasa pahit, guna memenuhi permintaan dari pasar tertentu.

Seorang sumber dari industri durian mengungkapkan bahwa sebagian petani sengaja meningkatkan rasa manis durian Musang King untuk menarik minat konsumen di Tiongkok. Meskipun demikian, ada petani yang mengaku tidak melakukan perubahan tersebut.

Menurut Pusat Penelitian Hortikultura di Institut Penelitian dan Pengembangan Pertanian Malaysia, perubahan rasa ini melibatkan proses ilmiah yang kompleks namun bisa dilakukan. Dr. Zulhazmi Sayuti menjelaskan bahwa meskipun sulit, perubahan genetik untuk mengurangi rasa pahit pada durian bukanlah hal baru dalam dunia pertanian.

"Pendekatan ini telah diterapkan pada tanaman lain. Namun, menemukan gen yang tepat dan memastikan sifat buah lainnya tetap terjaga adalah tantangan tersendiri," katanya kepada The Star.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait