Bisnis

DPR minta pemerintah siapkan program khusus buat selesaikan kemiskinan ekstrem

Puan menyampaikan masih ada 3,3 juta warga Indonesia yang mengalami kemiskinan ekstrem.

Selasa, 29 Agustus 2023 11:15

Ketua DPR Puan Maharani menyoroti keberadaan 3,3 juta warga yang masuk kategori miskin ekstrem. Untuk itu, dia mendorong pemerintah menyiapkan program khusus untuk menyelesaikan kemiskinan ekstrem di daerah tersebut.

"Ini hal yang merisaukan kita semua, di mana saudara sebangsa kita di Indonesia timur masuk kategori miskin ekstrem. Pemerintah perlu menyiapkan strategi khusus untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia,” ucap Puan seperti dilansir dari laman resmi DPR. 

Puan menyampaikan masih ada 3,3 juta warga Indonesia yang mengalami kemiskinan ekstrem. Dari jumlah tersebut, warga dengan tingkat miskin ekstrem paling banyak berada di Indonesia timur. 

Puan pun menyadari ketimpangan ekonomi dan sosial antarwilayah sebagai fenomena yang kompleks mengingat faktor geografis, akses terhadap pendidikan, layanan kesehatan, perumahan layak, dan peluang pekerjaan juga berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di daerah.

"Pemerintah pusat dan daerah harus berkoordinasi dengan saksama agar program bantuan lebih tepat sasaran. Harus diingat cara pandang masyarakat khususnya di Indonesia timur tidak bisa disamakan dengan daerah lain, jadi cara pendekatan bantuannya pun berbeda," ujarnya.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait