Bisnis

E-commerce asing incar RI, bagaimana peta persaingannya?

Indonesia merajai ekonomi digital di di Asia Tenggara pada 2023. Tak heran jika perusahaan e-commerce asing mengincar pasar Indonesia.

Senin, 22 Juli 2024 18:31

Indonesia merajai ekonomi digital di di Asia Tenggara pada 2023. Laporan Google, Temasek, dan Brain & Company SEA 2023 menunjukkan penjualan bruto (GMV) ekonomi digital Indonesia mencapai US$82 miliar, atau sekitar 37,61% dari total GMV Asia Tenggara yang mencapai US$218 miliar. 

Tak heran jika perusahaan e-commerce asing mengincar pasar Indonesia. Salah satunya, platform asal Amerika Serikat (AS) yang merapat ke tanah air. Market America Worldwide shop.com hadir di Indonesia dengan nama Market Indonesia shop.com.

Indonesia menjadi negara kesembilan sebagai bagian dari Market America Worldwide. Sebelumnya, platform ini telah merambah AS, Kanada, Australia, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Inggris.

Sebelumnya juga berembus kabar raksasa e-commerce asal China, yaitu Temu membidik Indonesia. Platform ini sebelumnya telah menaklukkan pasar Filipina dan Malaysia. 

Namun, aplikasi belanja ini masih terganjal aturan di Indonesia lantaran memiliki model bisnis produsen ke konsumen atau factory to consumer (F to C).

Immanuel Christian Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait