Bisnis

Gemar memasak demi hemat dan sehat semasa pandemi

Kecenderungan untuk tetap di rumah membuat banyak rumah tangga lebih sering memasak untuk kebutuhan pangan sehari-hari.

Sabtu, 30 Mei 2020 10:24

Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Penularan antar manusia masih terus berlangsung hingga kini, bahkan sudah banyak memakan korban jiwa. Kondisi ini membuat banyak orang cenderung memilih menghabiskan waktu #dirumahsaja. Pola kebiasaan masyarakat pun turut bergeser.

Seperti halnya dilakukan oleh Duanti Oktarani Tisadewi. Wanita berusia 24 tahun ini mengaku lebih banyak memasak di rumah lantaran kantornya menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Dia beruntung hanya masuk kantor seminggu sekali semenjak terjadinya pandemi.

Kebiasaannya pun berubah dari semula makan di luar berganti jadi mengolah sendiri bahan pangan. Kegiatan ini berimbas pada pengeluaran wanita lajang ini yang jadi lebih hemat.

“Gue kan (sebenarnya) enggak suka masak. Biasanya beli pulang kantor, mal jajan ke resto. Itu jatuhnya lebih mahal. Sekali makan 20 ribu paling murah,” ungkap karyawan swasta tersebut kepada Alinea.id beberapa waktu lalu.

Duanti memilih untuk belanja bahan pangan secara daring (online) sambil sesekali membeli dari pedagang sayur keliling atau minimarket. Bahan pangan yang kerap dibelinya adalah beras, daging, sayuran, buah-buahan, dan bahan pangan lainnya. 

Syah Deva Ammurabi Reporter
Fajar Yusuf Rasdianto Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait