Bisnis

Perang hancurkan industri berlian India

Tank meninggal karena bunuh diri pada bulan Agustus.

Senin, 30 September 2024 09:04

Nikunj Tank, seorang pekerja di ibu kota pemolesan berlian dunia, Surat, di India bagian barat, putus asa sejak kehilangan pekerjaannya pada bulan Mei. Unit tempat dia bekerja selama tujuh tahun menghadapi tekanan keuangan dan tutup, membuat Tank dan lebih dari selusin orang lainnya menganggur.

Tank adalah satu-satunya pencari nafkah keluarga - dia menghidupi orang tua, istri, dan putrinya dan tidak memiliki tabungan. "Dia tidak dapat menemukan pekerjaan dan tidak dapat menanggung kehilangan itu, dia mengambil langkah ekstrem," kata ayahnya yang sudah pensiun, Jayanti Tank.

Tank meninggal karena bunuh diri pada bulan Agustus.

Beberapa tahun terakhir merupakan masa sulit bagi industri berlian India yang dilanda resesi. Surat, di negara bagian Gujarat, memproses 90% berlian dunia di lebih dari 5.000 unit dan mempekerjakan lebih dari 800.000 pemoles. Kota ini memiliki 15 unit pemolesan besar dengan omzet tahunan lebih dari US$100 juta.

Ekspor batu potong dan poles India turun dari US$23 miliar pada tahun 2022 menjadi US$16 miliar pada tahun 2023 dan diperkirakan akan turun lebih jauh lagi menjadi US$12 miliar pada tahun 2024.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait