Bisnis

Ibu kota pindah, aset negara di Jakarta bisa dikelola swasta

Aset pemerintah yang ada di Jakarta bisa dikomersialkan dengan menggandeng swasta.

Rabu, 16 Oktober 2019 13:35

Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) mengatakan pemerintah harus menyiapkan strategi untuk mengelola aset pemerintah yang ada di Jakarta apabila ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

Head of Advisory JLL Vivin Harsanto mengatakan gedung-gedung pemerintahan yang ada di Jakarta akan cukup menantang untuk dikomersialkan dengan menggandeng swasta.

"Namun untuk memanfaatkan aset, tidak bisa semuanya sekaligus. Karena takutnya dengan kondisi pasar properti yang sedang lesu seperti ini, dengan suplai kantor yang masih cukup banyak, kalau itu dilepas ke pasar itu akan membuat pasar lesu," kata Vivin di Jakarta, Rabu (16/10).

Vivin pun mengatakan pemerintah harus transparan ketika bekerja sama dengan pengembang swasta ketika memilih untuk mengkomersialkan bangunan-bangunan pemerintah yang ada di Jakarta.

Di sisi lain, kata Vivin, pemerintah juga perlu memikirkan strategi untuk pengelolaan gedung-gedung tersebut berdasarkan pengelompokan lokasi ataupun jenis bangunan. Pemerintah juga harus menyiapkan skema lelang (tender) yang akan dilakukan jika gedung-gedung tersebut jadi dikomersialisasi.

Annisa Saumi Reporter
Laila Ramdhini Editor

Tag Terkait

Berita Terkait