Bisnis

Iklan Instagram dan Facebook dongkrak lonjakan keuntungan Meta

"Pengenalan iklan yang cermat oleh Meta di Reels telah menyebabkan badai yang sempurna berupa peningkatan tayangan dan kenaikan harga iklan."

Kamis, 01 Agustus 2024 11:44

Penjualan iklan Instagram dan Facebook melonjak musim semi ini, menghasilkan lonjakan laba bagi perusahaan induk Meta. Perusahaan tersebut mengatakan pendapatan naik menjadi lebih dari US$39 miliar dalam tiga bulan hingga Juni. Angkanya naik 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Alasan di balik kenaikan laba itu, menurut perusahaan adalah karena mereka membanderol iklan dengan biaya lebih tinggi.

Keuntungan melonjak menjadi hampir US$13,5 miliar meskipun ada investasi besar dalam proyek kecerdasan buatan (AI). Grup tersebut juga baru-baru ini setuju untuk membayar penyelesaian sebesar US$1,4 miliar kepada negara bagian Texas di AS atas tuduhan mengumpulkan data wajah pengguna dan informasi lainnya tanpa persetujuan yang tepat.

Pada hari Rabu, pendiri dan kepala eksekutif Meta Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah mengalami kuartal yang "kuat" dan menyatakan bahwa sistem AI-nya "berada di jalur yang tepat untuk menjadi asisten AI yang paling banyak digunakan di dunia pada akhir tahun".

Meta telah menghabiskan banyak uang untuk AI serta produk augmented reality dan virtual reality seperti headset yang memungkinkan pengguna "memasuki" permainan favorit mereka atau kelas olahraga.

Laba yang dilaporkan muncul meskipun unit Reality Labs yang mengembangkan produk tersebut merugi US$4,5 miliar - lebih dari yang diperkirakan analis.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait