Bisnis

India hapus harga dasar ekspor beras basmati demi rebut pasar global

India dan Pakistan, satu-satunya petani basmati, sama-sama mencoba mempromosikan beras kualitas premium dengan cara yang mirip dengan Champagne Prancis.

Sabtu, 14 September 2024 19:07

India menghapus harga dasar untuk ekspor beras basmati pada 13 September. Langkah ini diambil pemerintah untuk meningkatkan penjualan beras premium ke luar negeri hanya beberapa minggu menjelang kedatangan panen musim baru.

Pada tahun 2023, New Delhi menetapkan harga dasar, atau harga ekspor minimum (MEP), sebesar US$1.200 per metrik ton dan kemudian memangkas MEP menjadi US$950 per ton.

Karena persediaan meningkat sejak saat itu, eksportir mendesak pemerintah untuk memangkas atau menghapus MEP guna memastikan bahwa petani tidak dibebani dengan stok besar saat panen baru tiba dalam waktu satu bulan.

Reuters pada bulan Juli melaporkan bahwa India kemungkinan akan memangkas harga dasar untuk ekspor beras basmati.

"Keputusan untuk menghapus MEP akan membantu India mengekspor beras basmati dalam jumlah besar, dan itu akan memastikan keuntungan yang baik bagi para petani kami," kata Satish Goel, presiden Asosiasi Eksportir Beras Seluruh India, kepada Reuters.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait