Bisnis

Isu overclaim, 'Tasya Farasya Approved', dan penjualan produk kecantikan

Sejumlah merek produk kecantikan mengalami penurunan penjualan akibat isu overclaim.

Senin, 11 November 2024 18:06

Sejumlah merek produk kecantikan mengalami penurunan penjualan akibat isu overclaim yang menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. 

Data Compas.co.id menunjukkan penjualan jenama-jenama yang dinyatakan overclaim merosot di Oktober jika dibandingkan bulan sebelumnya, bahkan ada yang turun hingga 82%. Co-founder dan CEO Compas.co.id Hanindia Narendrata mengatakan turunnya penjualan dipengaruhi oleh masifnya konten yang diunggah oleh akun-akun key opinion leader (KOL) ternama di TikTok Shop.

"Beberapa brand disebut dalam konten dan dinyatakan overclaim dari berbagai macam bahan baku, seperti Retinol dan Niacinamide. Hal ini berdampak langsung bagi brand-brand tersebut," tutur Narendrata, baru-baru ini.

Loading...

Kabar terkait overclaim kandungan dalam produk skincare yang tak sesuai labelnya dipicu oleh content creator bernama Dokter Detektif (@dokterdetektif) atau Doktif di TikTok. Doktif, yang namanya dirahasiakan, kerap membagikan konten edukasi tentang skincare di akun miliknya.

Salah satu konten yang viral adalah ketika dia menyajikan hasil uji lab sejumlah produk skincare ternama. Hasil pengujian tersebut menunjukkan sejumlah brand skincare ternyata melakukan overclaim

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait