Bisnis

Kisruh harga BBM, Rektor UI tawarkan 'The Golden Mid-Way'

Konsep itu terdiri dari menaikkan harga BBM bersubsidi berkisar 30%-40%, sehingga tetap memacu turisme, di mana UMKM adalah pemain utamanya.

Sabtu, 27 Agustus 2022 22:39

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro, menawarkan konsep The Golden Mid-Way guna menyiasati krisis energi yang memunculkan potensi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 

Konsep itu, ujar Ari, terdiri dari menaikkan harga BBM bersubsidi berkisar 30%-40%, sehingga tetap memacu turisme, di mana UMKM adalah pemain utamanya.

"Atau bisa juga dengan melakukan penyekatan distribusi, sehingga subsidi BBM benar-benar menyasar segmen masyarakat yang tepat dan berhak," ujar Ari dalam webinar yang digelar Moya Institute bertajuk “Kenaikan BBM Apakah Suatu Keharusan?”, di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Ari Kuncoro dalam kesempatan itu juga menilai istilah kaya, menengah, miskin adalah terminologi masa lalu yang kurang relevan dengan kondisi saat ini. Sebab, faktanya, mereka semua berada dalam satu 'kolam', yakni 'kolam' pendapatan produksi. 

"Pendapatan produksi ini adalah suatu siklus, yakni pendapatan seseorang merupakan hasil dari produksi dia pada orang lain, demikian juga sebaliknya," ujar Ari. 

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait