Bisnis

Konsumsi masyarakat melemah, ada apa?

Konsumsi masyarakat menunjukkan tanda-tanda pelemahan yang mengkhawatirkan. Apa saja penyebabnya?

Jumat, 26 Juli 2024 18:37

Konsumsi rumah tangga, yang selama ini menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi domestik, menunjukkan tanda-tanda pelemahan yang mengkhawatirkan. Diperkirakan pertumbuhannya akan lebih rendah dibandingkan kuartal I-2024.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan lesunya konsumsi terjadi setelah periode pemilihan umum (pemilu) dan ramadan, terlihat dari Indeks Penjualan Riil yang merupakan leading indicator konsumsi sepanjang kuartal II-2024 hanya tumbuh 1,25% dari kuartal sebelumnya 5,61%.

"Beberapa jenis barang yang mengalami pelemahan, yakni penjualan suku cadang dan aksesori; bahan bakar kendaraan bermotor; serta makanan, minuman dan tembakau," kata Faisal, dikutip Jumat (26/7). 

Optimisme kelas menengah turun

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sepanjang semester I-2024 tercatat merosot menjadi 124.7, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2023 yang mencapai 125. Penurunan ini terjadi meskipun tahun 2024 bertepatan dengan momen pemilu nasional, yang seharusnya memberikan dorongan positif pada sentimen konsumen.

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait