Bisnis

Konten viral, senjata utama bisnis digital

Pada pemula atau yang baru akan memulai bisnis digital ini, seringkali kesusahan dan bingung terhadap apa yang harus dipersiapkan.

Senin, 20 September 2021 18:15

Pada era digital seperti saat ini, berbagai cara dapat dilakukan bagi semua orang untuk mulai membangun dan mengembangkan bisnisnya, terutama bisnis digital. Persiapan demi persiapan harus di tata untuk bisnis yang dijalani.

Pada pemula atau yang baru akan memulai bisnis digital ini, seringkali kesusahan dan bingung terhadap apa yang harus dipersiapkan itu. Sehingga, ada tiga hal yang harus diketahui mereka sebelum memulai bisnisnya, yakni market, produk, dan marketing. 

“Pertama, harus tahu market, yang kedua produk, dan ketiga marketing. Ketiga hal ini tidak dapat dipisahkan, baik dalam menjalani bisnis digital maupun konvensional,” ujar digital marketer Joze Rizal.

Menurut dia, hal yang perlu dilakukan pertama dalam memulai bisnis ialah mengenali market atau pasar. Dari market tersebut, kita dapat mengetahui siapa audien yang dituju. Karena esensi sebuah bisnis ialah menyelesaikan suatu permasalahan market.

Setelah itu, para pebisnis akan mengetahui solusi daripada masalah tersebut, dan mengenali produk apa yang tepat pada market tersebut. Namun, sebelum melangkah pada aspek produk, penting bagi seorang pebisnis untuk menemukan market. Karena hal ini banyak menjadi pertanyaan bagi pebisnis.

Muhammad Adil Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait