Bisnis

Korut akali bea cukai Tiongkok ketika tingkatkan ekspor wig dan bulu mata palsu

Kendaraan konsuler Korea Utara mengangkut produk rambut buatan setiap hari antara Sinuiju dan Dandong.

Selasa, 01 Oktober 2024 13:24

Konsulat Korea Utara di Tiongkok terlibat dalam pengangkutan kerajinan tangan antara kedua negara. Untuk mengakali bea cukai dan menekan biaya transportasi, mereka menggunakan kendaraan resmi konsulat untuk memasukan barang ke Tiongkok. Ini adalah salah satu cara yang ditempuh saat Pyongyang meningkatkan ekspor produk rambut buatan seperti wig dan bulu mata palsu ke sesama negeri berhaluan komunis itu.

Sebuah sumber di Tiongkok baru-baru ini mengatakan bahwa kendaraan milik konsulat Korea Utara telah mengangkut barang antara Dandong di provinsi Liaoning Tiongkok dan Sinuiju di provinsi Pyongan Utara Korea Utara.

Kendaraan yang dimaksud adalah truk kecil yang oleh orang Korea Utara disebut ppangtong. Kendaraan tersebut membawa bahan mentah saat memasuki Korea Utara dan barang jadi saat memasuki Tiongkok.

Kendaraan tersebut tidak dapat membawa banyak kargo, tetapi karena bulu mata palsu, wig, dan bahan mentah yang dibutuhkan untuk membuatnya hanya membutuhkan sedikit ruang, truk kecil tersebut cukup untuk tugas tersebut.

Korea Utara telah menggunakan kendaraan konsulat untuk mengangkut produk rambut buatan selama lebih dari sebulan, dimulai pada awal Agustus.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait