Bisnis

Latah artis bikin koin kripto: Sekadar aji mumpung?

Artis yang merilis koin kripto harus serius mengedukasi calon investornya bahwa investasi, terutama aset kripto tak melulu untung.

Jumat, 25 Maret 2022 18:50

Saat Bitcoin muncul pertama kali di tahun 2009 dalam sebuah transaksi di internet, dunia menyadari kehadiran aset baru yang tidak terdesentralisasi. Namun, sekelompok pengembang yang memakai nama Satoshi Nakamoto justru membuat koin ini dibalut misteri.

Nakamoto mengakui bahwa ia memulai proyek Bitcoin pada 2007. Namun, ia baru mempublikasikannya pada 2008 dalam laporan berjudul The Cryptography Mailing List.

Sosok Nakamoto pun kini masih menjadi misteri, belum ada yang bisa membuktikan siapa pembuat Bitcoin tersebut. Terakhir, kisah siapa dibalik Bitcoin ditengarai adalah ilmuwan Nick Szabo. Memang, ia pernah mengakui bahwa dirinya bersama Finney atau Wei Dai sebagai pencipta precursor Bitcoin. 

Nama lain yang diduga sebagai Nakamoto yang paling terkenal lainnya adalah ilmuwan komputer dan pengusaha asal Australia, Craig Wright. Tidak seperti tersangka lainnya, Wright mengklaim dirinya adalah Nakamoto yang sebenarnya. Ia pun memberikan bukti teknis kepada BBC, The Economist, dan GQ berupa demonstrasi proses verifikasi yang digunakan pada transaksi Bitcoin yang pertama.

Terlepas dari siapa sebenarnya pencipta Bitcoin, peredaran aset kripto melonjak pesat. Tercatat hingga April 2021 ada 4.501 jenis mata uang kripto yang beredar di seluruh dunia. Adapun di Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) hanya mengizinkan 229 jenis mata uang kripto untuk diperdagangkan di Indonesia. Sebut saja Bitcoin, Ethereum, Tether, Polkadot, dan Litecoin.

Kartika Runiasari Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait