Bisnis

Distributor Starbucks di Indonesia bukukan laba bersih Rp288 miliar semester I-2021

Perseroan tercatat mampu membalikkan kerugian di periode yang sama tahun sebelumnya, dengan rugi bersih Rp407 miliar.

Selasa, 03 Agustus 2021 11:13

Perusahaan ritel gaya hidup PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI), menyampaikan, pengetatan pembatasan oleh pemerintah pada bulan Juni, akibat meningkatnya penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia, akan menjadi tantangan pertumbuhan perusahaan di beberapa bulan ke depan. 

Perusahaan distributor brand Nike dan Adidas di Indonesia ini pada kuartal II-2021 membukukan pendapatan bersih Rp4,8 triliun, dengan margin laba kotor 43,5%. Laba usaha tercatat sejumlah Rp496,3 miliar, dan EBITDA Rp1,0 triliun, sementara laba bersih sebesar Rp269,6 miliar.

Pada semester I-2021, perusahaan mencatatkan pendapatan bersih Rp9,1 triliun dan margin laba kotor 42,7%. Laba usaha sejumlah Rp684,0 miliar, dengan EBITDA Rp1,8 triliun, dan laba bersih Rp288,1 miliar. Perseroan tercatat mampu membalikkan kerugian di periode yang sama tahun sebelumnya, dengan rugi bersih Rp407 miliar.

VP Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda mengatakan, MAP melanjutkan momentum 2021 dengan kinerja penjualan dan keuntungan kuartalan terbaik selama dua tahun. Hal ini didukung oleh perbaikan secara menyeluruh dalam strategi digital Unified Retail, serta meningkatnya permintaan untuk portofolio merek MAP yang luas. 

Dia melanjutkan, dengan traffic mal yang masih terbatas akibat pengurangan jam operasional, produktivitas penjualan MAP pada kuartal II-2021 tumbuh secara signifikan melampaui ekspektasi, dibanding kuartal I-2021. Hal ini didorong oleh bertambahnya jumlah pengunjung pada platform digital, terutama pada musim libur Lebaran di bulan Mei, serta tingginya tingkat konversi setiap pembeli yang didasari oleh pangsa pasar yang lebih baik melalui program MAP CLUB

Annisa Saumi Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait