Bisnis

MAPI membukukan rugi bersih Rp114,8 miliar pada kuartal III-2021

Pencapaian kuartal III-2021 yang melemah merupakan dampak dari penutupan sebagian gerai di Indonesia pada Juli hingga pertengahan Agustus.

Kamis, 11 November 2021 16:46

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp12,1 triliun atau meningkat 18,3% (yoy) dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun begitu, perusahaan membukukan rugi bersih senilai Rp114,8 miliar pada kuartal III-2021 atau turun signifikan dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp672,5 miliar.

Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group Ratih D Gianda mengungkapkan, pencapaian kuartal III-2021 yang melemah merupakan dampak dari penutupan sebagian besar gerai di Indonesia pada Juli hingga pertengahan Agustus, akibat lonjakan kasus varian Delta Covid-19.

“Penjualan MAP mengalami penurunan sebesar 13,2% pada kuartal III-2021 dibandingkan tahun lalu, dikarenakan penutupan sementara gerai yang berdampak signifikan pada kelangsungan usaha,” ujar Ratih dalam keterangan tertulis seperti dikutip, Kamis (11/11).

Menurutnya relaksasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan September, ditambah dengan kenaikan tajam dalam penjualan E-commerce mendorong pemulihan yang kuat terutama pada beberapa minggu terakhir dalam kuartal tersebut. Hal ini meningkatkan optimisme perusahaan, namun perusahaan tetap berhati-hati untuk menghadapi kuartal IV-2021.

“MAP memanfaatkan kanal online milik perusahaan dan marketplace yang terus berkembang pesat untuk memaksimalkan pendapatan selama periode PPKM,” ucapnya.

Davis Efraim Timotius Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait