Bisnis

Marketing gaya baru ala live streaming

Pola belanja online dari live streaming semakin merebak di era pascapandemi.

Senin, 19 September 2022 06:59

Kak Jill atau Jill Gorden belakangan viral di jagat media sosial Tiktok. Perempuan bernama asli Jill Shine ini tengah menjadi perbincangan warganet karena mempromosikan bisnis gordennya di TikTok dengan cara unik. Dengan sapaan ‘adik Kak Jill’, ‘sayang’, atau ‘darling’ ia hadir dalam live streaming promosi gordennya di TikTok. 

Jargon khasnya seperti ‘sepuluh gelombang kanan, sepuluh gelombang kiri’ bahkan sudah jamak dinyanyikan dalam fitur video medsos. Kak Jills juga kerap menebar diskon spesial dari supa dupa TikTok sebagai promo khusus kepada para pelanggan. Selain sapaan dan jargon tersebut, Jill juga identik dengan riasan wajah unik, seperti pemerah pipi (blush on) merah tebal dan kedua alis yang menukik ke atas. 

Gayanya yang unik serta sikap ramah dan riang ala ‘emak lebay’ saat melakukan live streaming, ternyata mampu mendongkrak penjualan. Tercatat, ratusan lembar gorden sold out dalam satu hari. Padahal, sama seperti pedagang lainnya, adik artis Robby Shine ini juga sempat 'jatuh' akibat pandemi Covid-19. Ia terpaksa harus menutup 5 dari 9 toko gorden dan ditinggalkan karyawan-karyawannya. 

“Setelah scroll-scroll TikTok semalaman karena enggak bisa bobo, Kak Jill bilang sama anak-anak Kak Jill, ‘kita buat TikTok yuk nak, terus mami jadi mak lebay’,” katanya kepada Alinea.id, saat mengisahkan awal mula terjun berjualan di TikTok, Rabu (14/9). 

Ketika memulai berjualan secara live streaming empat bulan yang lalu, Jill pun hanya mampu menjual beberapa lembar gorden saja. Dengan nilai penjualan di hari pertama sebesar Rp600.000. “Di hari kedua dapat Rp1,8 juta. Terus di hari ketiga lebih baik, lebih baik, lebih baik lagi,” ujar pengusaha yang telah 15 tahun menekuni bisnis jualan gorden ini. 

Qonita Azzahra Reporter
Kartika Runiasari Editor

Tag Terkait

Berita Terkait