“Menurut saya, memanusiakan atlet adalah taktik pemasaran yang penting (dan) saya pikir itu taktik manusiawi yang penting,” katanya.
Direktur pemasaran Manchester United Matt McKie membagi pengalaman dan pengetahuannya dalam pemasaran olahraga kepada hadirin di Festival Kreativitas Athar di Riyadh, Arab Saudi, Selasa (5/11).
Selama pidato utamanya, “Hubungan Budaya, Ikatan yang Tak Terputuskan, dan Kekuatan Cerita: Pelajaran yang Dipetik dari Karier di Pemasaran Olahraga,” Matt McKie berbicara tentang pengalamannya bekerja di berbagai peran penting untuk Olimpiade, Nike, dan EA Sports. Dan satu pesan kunci yang ia sampaikan dalam kesempatan itu, adalah bagaimana pentingnya pemahaman mengenai penggemar dalam pemasaran.
"Memahami basis penggemar Anda adalah elemen kunci untuk memasarkan merek olahraga Anda dengan sukses," ujar McKie.
Apakah Anda penggemar sepak bola atau bukan, tidak dapat disangkal bahwa Manchester United adalah salah satu klub paling terkenal di dunia. Namun, bagaimana klub tersebut memperoleh reputasinya?
"Seperti banyak tim populer lainnya, ini tentang menghubungkan dengan audiens Anda dan Manchester United memiliki cara unik untuk “mengubah pengikut menjadi penggemar,” kata McKie kepada Arab News.