Hadirnya Tiktok Shop membuat pilihan konsumen berbelanja online kian beragam.
Setelah resmi ditutup pada Rabu (4/10) lalu, TikTok Shop dikabarkan akan kembali hadir dengan format baru. Meski belum ada pernyataan resmi dari TikTok Indonesia, fitur belanja ini santer dikabarkan akan kembali hadir pada 10 November mendatang.
Sebelumnya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki memastikan layanan Tiktok Shop bisa kembali beroperasi apabila sudah mendapatkan perizinan sebagai e-commerce. Pasalnya sebagai pelaku usaha di Indonesia, TikTok Shop harus mengikuti peraturan yang berlaku. Di mana selama ini aplikasi buatan Byte Dance Ltd. asal China ini hanya berizin sebagai sosial media, bukan e-commerce.
Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno menilai jika benar akan kembali hadir, TikTok Shop bisa menjadi kelebihan tersendiri bagi konsumen di tanah air. Artinya, akan semakin banyak pilihan bagi konsumen untuk berbelanja melalui platform online. Disitulah, konsumen harus jeli dengan berbagai tawaran marketing yang menarik.
“Inilah yang dibutuhkan oleh konsumen,” katanya kepada Alinea.id, Kamis (2/11).
Dia menambahkan kehadiran Tiktok Shop sebagai e-commerce membuat konsumen dapat membandingkan produk dan harga yang dijual dari masing-masing aplikasi. Hal ini tentu menjadi kepuasan bagi para konsumen yang memang senang berbelanja online.