Bisnis

Kemenperin: Meski melambat, Indeks Kepercayaan Industri September ekspansif

Kondisi tersebut menunjukkan produksi pada September ini belum banyak terserap di pasar baik ekspor maupun dalam negeri.

Jumat, 29 September 2023 21:37

Perlambatan ekonomi di China, turut menjadi sumber perlambatan ekonomi dunia yang juga berdampak bagi Indonesia. Hal ini tampak pada nilai ekspor Indonesia ke China pada Agustus 2023, mengalami penurunan 6,71% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Kondisi tersebut menunjukkan penurunan permintaaan dunia. Di sisi lain, kondisi inflasi mereda karena harga komoditas mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan preferensi konsumen di dunia untuk menahan konsumsi meningkat. Meskipun demikian, ekonomi Indonesia masih terjaga. Indeks Kepercayaan Industri September pun masih menunjukkan nilai ekspansi.

“Indeks Kepercayaan Industri (IKI) September 2023 mencapai 52,51. Tetap ekspansi meskipun melambat 0,71 poin dibandingkan Agustus 2023,” kata juru bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif, dalam keterangan resminya, Jumat (29/9).

Penurunan nilai IKI ini dikarenakan adanya peningkatan persediaan produk pada hampir seluruh subsektor manufaktur. Kondisi tersebut menunjukkan produksi pada September ini belum banyak terserap di pasar baik ekspor maupun dalam negeri.

Meskipun demikian, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) ditengarai menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia khususnya industri manufaktur, salah satunya industri semen. Diperkirakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) memberikan kontribusi terhadap penjualan semen secara nasional sekitar 800.000 hingga 1 juta ton per tahun.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait