Bisnis

Mitsubishi Motors akan bergabung dengan aliansi Honda-Nissan

Di Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia, merek-merek Jepang sebelumnya kuat tetapi sekarang harus bersaing dengan produsen mobil domestik.

Minggu, 28 Juli 2024 17:04

Mitsubishi Motors Jepang akan bergabung dengan aliansi antara Honda Motor dan Nissan Motor, menciptakan grup otomotif dengan penjualan gabungan lebih dari 8 juta kendaraan. Situasi pasar di AS dan China melatarbelakangi terciptanya aliansi itu.

Harian bisnis Nikkei melaporkan pada hari Minggu bahwa Mitsubishi Motors, yang 34 persen sahamnya dimiliki oleh Nissan, akan bekerja sama dengan Honda dan Nissan untuk menyelesaikan rincian kemitraan mereka, tetapi ketiga perusahaan bermaksud untuk menstandardisasi perangkat lunak dalam kendaraan yang mengendalikan mobil, kata Nikkei.

Mitsubishi Motors menolak berkomentar mengenai laporan tersebut, sementara pejabat di Nissan dan Honda tidak segera bersedia memberikan komentar.

Dorongan tersebut muncul karena Nissan, produsen mobil terbesar ketiga di Jepang, terus kehilangan pangsa pasar di dua pasar terbesarnya, Amerika Serikat dan China, yang secara bersama-sama menyumbang setengah dari penjualan globalnya pada tahun hingga Maret.

Pada hari Kamis, perusahaan memangkas prospek tahunannya setelah diskon besar-besaran di AS hampir sepenuhnya menghapus laba kuartal pertamanya.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait