Bisnis

Mobil listrik murah menjamur, pasar tumbuh subur

Penjualan kendaraan listrik alias battery electric vehicle (BEV) melonjak hingga ratusan persen pada empat bulan pertama 2024.

Jumat, 17 Mei 2024 20:14

Mobil listrik mulai menggoyang pasar otomotif Indonesia. Penjualan kendaraan listrik alias battery electric vehicle (BEV) melonjak hingga ratusan persen pada empat bulan pertama 2024. Menjamurnya model mobil listrik dengan harga yang mulai menyaingi mobil konvensional di segmen yang sama menjadi daya tarik konsumen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales atau yang dikirim dari pabrik ke dealer mobil listrik nasional mencapai 7.745 unit hingga April 2024. Angka itu naik 151,46% dibandingkan periode yang sama pada 2023 yang sebesar 3.080 unit. Dari total penjualan tersebut, tiga besar mobil terlaris merupakan brand asal China yang ditawarkan dengan harga ringan di kantong.

Mobil listrik paling laris adalah Wuling BinguoEV yang hadir di Indonesia dalam tiga varian, yakni Long Range AC, Long Range AC/DC, dan Premium Range. Harganya sekitar Rp317 juta hingga Rp372 juta on the road Jakarta. 

Kemudian, Chery Omoda E5 yang terjual hingga seribuan unit. Mobil ini hanya tersedia dalam satu varian dengan harga Rp498,8 juta. Serta, Wuling Air ev, yaitu mobil listrik pertama Wuling Motors di Indonesia. Wuling Air ev hadir dalam tiga  varian, yaitu Lite, Standard Range, dan Long Range dengan rentang harga Rp243 juta hingga Rp299,5 juta.

China dan Korea mendominasi

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait