Bisnis

Modalku salurkan pinjaman Rp24,6 triliun di Asia Tenggara

Pinjaman diberikan kepada lebih dari 4,6 juta jumlah transaksi pinjaman UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Selasa, 13 Juli 2021 14:41

Grup Modalku mencatat telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp24,6 triliun kepada lebih dari 4,6 juta jumlah transaksi pinjaman usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Hal ini didukung dengan jumlah penyaluran di semester I-2021 sebesar lebih dari Rp4,2 triliun. 

Co-Founder dan COO Modalku Iwan Kurniawan mengatakan, angka penyaluran pinjaman Grup Modalku tercatat masih cukup stabil, bahkan menunjukkan konsistensi untuk bertumbuh. Hal ini dapat terlihat dari jumlah penyaluran dana sejak semester I-2020, yang mengalami pertumbuhan sebesar 60% hingga saat ini.

Selama semester I-2021, industri UMKM yang paling banyak didanai oleh Modalku adalah sektor perdagangan, baik grosir dan eceran. Termasuk dalam kelompok ini adalah pengusaha online dengan persentase sekitar 65%, diikuti oleh sektor jasa sebesar 17%, dan sektor kesehatan sebesar 15%. Area penyaluran dana juga tidak terbatas di Pulau Jawa, tetapi, juga ke luar Pulau Jawa yang bisa direalisasikan melalui kolaborasi dengan berbagai platform digital sebagai partner Modalku.

Sampai saat ini, lebih dari 200.000 pendana, baik individu maupun institusi, telah berkontribusi meminjamkan dananya kepada UMKM melalui Modalku dengan jumlah akun yang masih didominasi oleh pendana individu. Pendana bisa mendapatkan tingkat bunga hingga 17% per tahunnya tergantung dengan pinjaman yang didanai dan toleransi risiko masing-masing pendana. 

Selama semester I-2021, pendana didominasi generasi Z dan generasi milenial sebesar 60% dengan rata- rata peningkatan jumlah pendana baru sebesar 1.000 akun setiap bulannya.

Annisa Saumi Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait