Bisnis

Mungkinkah swasembada pangan tercapai pada era Prabowo?

Prabowo ingin agar swasembada pangan dicapai Indoensia dalam lima tahun. Realistis?

Kamis, 24 Oktober 2024 14:18

Presiden Prabowo Subianto kembali menegaskan tekadnya untuk mewujudkan swasembada pangan di Indonesia pada era pemerintahannya. Ia meminta para menteri di Kabinet Merah Putih menghindari proyek-proyek mercusuar dan fokus membantu pemerintahan Prabowo-Gibran merealisasikan target swasembada pangan dan energi. 

"Kita harus jamin kemampuan kita memberi makan sendiri. Swasembada energi juga mutlak," kata Prabowo dalam sidang kabinet paripurna perdana di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10) lalu. 

Pada kesempatan itu, Prabowo meminta agar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyiapkan peta jalan terukur untuk merealisasikan swasembada pangan dan energi. 

Niat membangun swasembada pangan kali pertama diungkap Prabowo pada pidato pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10) lalu. Menurut dia, swasembada pangan bisa dicapai dalam empat atau lima tahun pemerintahannya. 

"Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat- singkatnya. Kita tak boleh tergantung pada sumber makanan dari luar," kata Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

Christian D Simbolon Reporter
Christian D Simbolon Editor

Tag Terkait

Berita Terkait