Bisnis

Nasib kripto di era suku bunga rendah

The Fed secara mengejutkan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin. Bagaimana nasib kripto?

Kamis, 19 September 2024 20:05

Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve atau The Fed secara mengejutkan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin. Langkah ini menandai pemangkasan suku bunga pertama dalam empat tahun, yang dilakukan untuk meredam dampak inflasi dan menstimulasi perekonomian.

Pemangkasan suku bunga acuan ini disambut positif oleh pasar, baik saham maupun kripto, yang mengalami kenaikan langsung setelah keputusan diumumkan. Ekuitas AS naik dengan indeks Nasdaq dan S&P 500 mencatat kenaikan antara 0,6% hingga 0,8%, sementara Bitcoin mengalami lonjakan lebih dari 2% ke US$62.000 atau sekitar Rp954 juta.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengatakan pemangkasan suku bunga oleh The Fed memunculkan harapan kebijakan moneter yang lebih longgar akan mendorong investasi mengalir ke aset berisiko, termasuk kripto.

"Dengan suku bunga yang lebih rendah, investor cenderung mencari alternatif yang lebih menguntungkan seperti Bitcoin untuk melindungi nilai aset mereka," katanya, Kamis (19/9).

Adapun volatilitas yang dialami Bitcoin pascapengumuman The Fed merupakan hal wajar, karena para pelaku pasar juga melakukan aksi ambil untung guna menutup kerugian investasi sebelumnya. Menurutnya, pergerakan harga Bitcoin yang melonjak hingga 3% setelah keputusan suku bunga mencerminkan sentimen positif investor terhadap kebijakan tersebut. Namun, koreksi yang terjadi kemudian menunjukkan pasar masih mencari stabilitas di tengah ketidakpastian yang ada.

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait