Tokopedia membuat 3 kampanye yang memengaruhi tren pembelian elektronik oleh masyarakat.
Tokopedia mencatatkan tren produk elektronik terlaris dalam penjualan selama semester I-2022. Produk elektronik tersebut antara lain lampu, aksesoris komputer dan laptop, dan audio yang seluruhnya menjadi beberapa sub kategori dalam kategori elektronik paling dicari masyarakat Indonesia lewat Tokopedia.
Dari sub kategori tersebut, sejumlah produk yang paling laris manis selama semester I-2022 di Tokopedia adalah earphone, speaker, kabel, dan konektor audio, bohlam, senter, lampu hias, tetikus atau mouse, adaptor laptop, dan meja laptop.
Beberapa produk elektronik lainnya yang alami peningkatan transaksi paling tinggi selama semester I-2022 dibanding periode sama di tahun lalu dan berhasil dicatatkan Tokopedia, di antaranya penguat sinyal TV, frame digital, alat pembersih kamera, kartu memori, dan kabel front panel. Bahkan, di antara produk-produk tersebut, ada yang peningkatan transaksinya hampir mencapai 13 kali lipat.
Tren di atas turut didorong oleh sejumlah kampanye berpendekatan Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia, seperti Tokopedia Tekno dengan menghadirkan berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah. Lalu ada juga Super Gadget Day, yaitu ketika masyarakat bisa mendapatkan berbagai piliham gadget menarik. Terakhir, Mega Electrodeals yang menyediakan deretan produk elektronik pilihan.
"Tokopedia terdiri dari sekitar 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM lokal, termasuk yang menjual produk elektronik. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, kami terus berupaya memberikan panggung seluas-luasnya pada para penjual dengan mendekatkan mereka ke pembeli setempat melalui inisiatif Hyperlocal, yang mengedepankan teknologi geo-tagging," tutur Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangannya, Jumat (29/7).