Bisnis

Pemerintah dorong pembentukan bank wakaf mikro

Bank wakaf mikro dapat menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapi nasabah di perbankan konvensional

Jumat, 09 Maret 2018 21:02

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan pembiayaan UMKM dan ultra mikro melalui pembentukan bank wakaf mikro atau lembaga keuangan mikro syariah di berbagai daerah.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa bank wakaf mikro dapat menyelesaikan sejumlah persoalan yang dihadapi nasabah di perbankan konvensional. "Bank wakaf mikro harus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan perbankan, karena kalau mau pinjam ke bank harus punya agunan dan administrasi bertumpuk-tumpuk baru bisa ke bank," kata Presiden di Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya, seperti dilansir Antara, Jumat (9/3).

OJK telah memberikan izin usaha kepada 20 bank wakaf mikro di lingkungan pondok pesantren yang tersebar di Cirebon, Bandung, Ciamis, Serang, Lebak, Purwokerto, Cilacap, Kudus, Klaten, Yogyakarta, Surabaya, Jombang dan Kediri.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso,mengatakan, pengembangan bank wakaf mikro di lingkungan pesantren dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah,  berkesinambungan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan.

Keberadaan bank wakaf mikro ini juga merupakan komitmen besar OJK bersama pemerintah  terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil.

Hermansah Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait