Bisnis

Pemerintah kaji rute MRT hingga Bintaro-Serpong

Pemerintah mengkaji perpanjangan rute kereta mass rapid transit (MRT) dari Lebak Bulus hingga Ciputat, Bintaro, dan Serpong, Tangerang.

Rabu, 29 Agustus 2018 21:16

Pemerintah mengkaji perpanjangan rute kereta mass rapid transit (MRT) dari Lebak Bulus hingga Ciputat, Bintaro, dan Serpong, Tangerang Selatan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan rencana perpanjangan rute MRT dari Jakarta hingga Tangerang Selatan, adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaaan.

"Yang ingin saya tekankan bukan masalah kemana, tapi konsepnya bahwa pengelolaan transportasi massal tidak bisa dibatasi oleh wilayah administratif, karena yang butuh itu tidak peduli dia di Jakarta, atau di Bogor, atau di Tangsel, intinya di seluruh Jabodetabek mereka butuh yang angkutan commuter seperti itu," ujar Bambang usai bertemu dengan Presiden Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Jin Liqun di Jakarta, Rabu (29/8).

Dia mencontohkan MRT yang rutenya sampai Lebak Bulus yang sudah dekat dengan Ciputat, Tangerang Selatan. Kedua wilayah tersebut secara pembangunan kota dan populasi penduduknya relatif sama.

Menurut Bambang, seharusnya rute MRT tersebut juga mengakomodasi penduduk di Tangerang Selatan juga. "Jadi sebenarnya ini lebih banyak masukan saya untuk Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ. BPTJ harus mulai memikirkan bahwa kalau membuat sistem angkutan massal tidak harus dibatasi oleh wilayah administrasi," kata Bambang.

Sukirno Reporter
Sukirno Editor

Tag Terkait

Berita Terkait