Bisnis

Pemerintah larang ekspor bijih bauksit mulai Juni 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hal ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan sumber daya alam.

Rabu, 21 Desember 2022 15:03

Pemerintah memutuskan melakukan pelarangan ekspor bijih bauksit. Kebijakan pelarangan tersebut akan mulai diberlakukan pada Juni 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hal ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan sumber daya alam dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

“Mulai Juni 2023 pemerintah akan memberlakukan pelarangan ekspor bijih bauksit dan mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Rabu (21/12).

Disampaikan Jokowi, pendapatan negara diperkirakan mengalami peningkatan dari industrialisasi bauksit di dalam negeri. Peningkatan pendapatan tersebut diperkirakan dari Rp21 triliun menjadi kurang lebih Rp62 triliun.

Jokowi menegaskan, pemerintah terus berusaha meningkatkan industri pengolahan sumber daya alam di dalam negeri. Selain itu, pemerintah juga akan mengurangi ekspor bahan mentah dan meningkatkan hilirisasi industri berbasis sumber daya alam di dalam negeri.

Gempita Surya Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait