Bisnis

Penghargaan kinerja meningkatkan ekspektasi yang lebih tinggi

Penghargaan dari masyarakat menunjukkan bahwa arah pembangunan sudah benar, namun masih ada beberapa bidang yang perlu perbaikan.

Jumat, 02 Agustus 2024 20:43

Rapor kinerja pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, di berbagai bidang menunjukkan hasil positif. Masyarakat mengapresiasi kinerja Pemkab Mojokerto yang dipimpin oleh Bupati Ikfina Fahmawati dalam hal kesejahteraan sosial, perekonomian, politik dan keamanan, hingga penegakan hukum.

Hasil survei kinerja yang dilakukan pada awal Juni 2024 menunjukkan kepuasan tertinggi berasal dari bidang kesejahteraan sosial, dengan tingkat kepuasan umum mencapai 82,4%. Secara rinci, rata-rata kepuasan untuk setiap subindikator dalam bidang ini mencapai minimal 71,3%. Penilaian positif ini didorong oleh tingginya apresiasi dalam variabel kesehatan dan pendidikan.

Tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan kesehatan mencapai lebih dari 85%, menjadi yang tertinggi di antara subindikator lainnya. Begitu pula, sekitar delapan dari sepuluh responden menyatakan kepuasan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Pelayanan kesehatan dan pendidikan dianggap sektor fundamental karena dampaknya yang langsung dirasakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Ketersediaan dan kualitas dalam kedua sektor ini tidak bisa ditawar sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan dasar.

Namun, ada kekurangan dalam bidang kesejahteraan sosial terkait penanganan kemiskinan dan bantuan langsung, yang masih dinilai kurang memuaskan oleh seperempat responden. Masalah kemiskinan dan distribusi bantuan sosial merupakan isu kompleks yang tidak mudah diselesaikan dalam konteks tata kelola daerah.

Pemerintah perlu terus-menerus memperbaiki dan meningkatkan pengawasan aliran bantuan sosial serta jaminan sosial, termasuk memastikan mekanisme penerima dan akses yang jelas untuk menghindari polemik.

Immanuel Christian Reporter
Tim copywriter Editor

Tag Terkait

Berita Terkait