Bisnis

Pentingnya melek keuangan bagi perempuan

Perempuan harus punya life skill soal finansial agar sanggup bertahan hidup sendiri jika ditinggalkan oleh pasangan.

Jumat, 07 Juni 2024 18:27

Menua bersama pasangan merupakan harapan banyak orang. Namun, tak sedikit kasus yang mengharuskan wanita hidup sendiri. Dus, perempuan harus punya life skill soal finansial agar sanggup bertahan hidup sendiri jika ditinggalkan oleh pasangan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, usia harapan hidup perempuan di Indonesia mencapai 74,18 tahun atau lebih panjang ketimbang laki-laki yang 70,17 tahun. Jika diasumsikan ketika menikah usia perempuan lebih muda tiga tahun dibandingkan laki-laki, artinya ada tujuh tahun kemungkinan perempuan hidup sendiri setelah pasangannya meninggal.

Terlebih, dengan semakin majunya teknologi kesehatan dan kian tingginya kesadaran akan pentingnya nutrisi yang baik, usia harapan hidup perempuan bisa lebih panjang.

Lalu, berapa besaran uang yang cukup bagi wamita untuk masa tua?

Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Dimas Ardhinugraha mengatakan perempuan perlu memiliki bekal pensiun yang cukup. Dia menghitung, besarnya 25 kali biaya hidup setahun. Misalnya biaya hidup yang diinginkan di masa pensiun adalah Rp10 juta sebulan, atau Rp120 juta setahun, maka bekal pensiun yang cukup adalah Rp3 miliar.

Satriani Ari Wulan Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait