Bisnis

Pentingnya penyediaan peta dasar

Badan Informasi Geospasial (BIG) siap berkontribusi untuk Indonesia Emas 2045.

Kamis, 20 Juni 2024 17:26

Badan Informasi Geospasial (BIG) siap berkontribusi untuk Indonesia Emas 2045 melalui berbagai langkah. Caranya, memastikan ketersediaan informasi geospasial dasar (IGD), ketersediaan dan pemanfaatan informasi geospasial tematik (IGT), dan terbangunnya infrastruktur informasi geospasial yang andal.

Kepala BIG Muh Aris Marfai mengatakan, IGD bisa memicu IGT dalam pembangunan berskala besar serta nasional. Misalnya, IGT terkait rencana detail tata ruang sebagai salah satu syarat investasi, yang memerlukan peta dasar.

Kini, tantangan yang ada di depan mata BIG adalah penyediaan peta dasar. Sejauh ini, peta dasar yang dimiliki belum yang besar, namun untuk peta kecil sudah terakomodir.

“Ini fondasi dalam rangka untuk mendukung pembangunan,” katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional Informasi Geospasial (Rakornas IG) 2024 dengan tema Penguatan Landasan Transformasi Informasi Geospasial yang Holistik, Integratif, dan Berkelanjutan dalam rangka Menuju Indonesia Emas, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (20/6).

Selain itu, ujarnya, kebutuhan akan literasi geospasial juga sebuah urgensi yang harus dikejar. Agar setiap orang memahami dan menggunakan informasi berbasis keruangan dalam kehidupan sehari-hari.

Immanuel Christian Reporter
Tim copywriter Editor

Tag Terkait

Berita Terkait