Bisnis

Pariwisata tetap jadi pendongkrak utama ekonomi di Pasifik

Di Fiji, jumlah kedatangan pengunjung lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Kamis, 26 September 2024 08:08

Bank Pembangunan Asia (ADB) mengatakan pariwisata diperkirakan akan tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan di Pasifik. Di sisi lain, tantangan ke depan tetap ada, termasuk bencana alam dan kekurangan tenaga kerja, ruang fiskal yang terbatas dan tekanan utang.

Prospek Pembangunan Asia (ADO) yang baru, yang dirilis pada hari Rabu, mengatakan bahwa perkiraan pertumbuhan Asia Berkembang tahun 2024 dinaikkan sedikit menjadi 5 persen dan dipertahankan pada 4,9 persen untuk tahun 2025, dengan perkiraan pertumbuhan untuk Pasifik direvisi naik menjadi 3,4 persen - didorong oleh peningkatan kedatangan wisatawan.

Kawasan "Asia Berkembang" mencakup 46 anggota Bank Pembangunan Asia, termasuk 14 negara Pasifik: Kepulauan Cook, Fiji, Kiribati, Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia, Nauru, Niue, Palau, Papua Nugini, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu.

"Pasifik diperkirakan tumbuh sebesar 3,4 persen pada tahun 2024 dan 4,1 persen pada tahun 2025, namun ruang fiskal yang terbatas dan tekanan utang yang tinggi terus memberikan tekanan," kata laporan tersebut.

Disebutkan, prospek ekonomi Pasifik terutama ditentukan oleh PNG dan Fiji, yang secara kolektif menyumbang 90 persen PDB subkawasan tersebut.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait