Bisnis

Incar dana US$ 2,5 miliar, perusahaan induk Kredivo akan go public lewat SPAC

Perusahaan gabungan diperkirakan akan memiliki valuasi ekuitas pro-forma sekitar US$2,5 miliar, dengan asumsi tidak ada penebusan.

Selasa, 03 Agustus 2021 15:33

Perusahaan induk platform kredit digital, Kredivo, yaitu FinAccel dan VPC Impact Acquisition Holdings II (VPCB), sebagai Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang didukung oleh Victory Park Capital (VPC), mengumumkan telah memasuki tahap perjanjian definitif untuk penggabungan bisnis mereka. Perjanjian ini nantinya akan membawa FinAccel menjadi perusahaan publik, dengan valuasi pro-forma ekuitas yang mencapai kisaran US$2,5 miliar, dengan asumsi tidak ada penebusan.

Co-Founder dan CEO FinAccel Akshay Garg mengatakan penyaluran kredit ritel oleh bank-bank konvensional di Asia Tenggara masih terbilang rendah, atau berbeda apabila dibandingkan dengan pasar di negara Barat yang punya ketersediaan akses kredit luas.

Menurutnya, hal ini menjadi kesempatan besar bagi Kredivo untuk memenuhi berbagai kebutuhan kredit seperti pinjaman tunai, serta merealisasikan visi pihaknya untuk mendorong akses kredit yang cepat, terjangkau, dan mudah diakses kepada puluhan juta konsumen di Asia Tenggara.

"Mengingat sebesar 66% populasi Asia Tenggara masih dalam kategori belum mendapatkan atau minim akses ke layanan perbankan, kami juga melihat kesempatan yang luar biasa untuk melayani konsumen dengan beragam kebutuhan keuangan non-kredit," kata Garg dalam keterangan resminya, Selasa (3/8).

Sebagaimana diketahui, Kredivo menyalurkan pembiayaan kredit instan kepada pengguna untuk pembelianvdi e-commerce dan offline, serta dana pinjaman tunai, berdasarkan real-time decisioning yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) buatan sendiri. 

Annisa Saumi Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait