Bisnis

PPKM Mikro diperluas, IHSG ditutup turun 0,23%

Perluasan tersebut dilakukan di lima provinsi lagi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, dan Kalimantan Barat. 

Selasa, 20 April 2021 16:42

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,23% ke level 6.038 pada perdagangan Selasa (20/4). Sektor keuangan yang turun 0,91% dan sektor tambang yang turun 0,83% menjadi pendorong pelemahan IHSG hari ini.

Investor tercatat melakukan transaksi sebanyak 12,6 miliar saham, dengan nilai transaksi Rp8,5 triliun. Sebanyak 225 saham tercatat naik ke zona hijau dan 259 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi jual bersih senilai Rp108 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp128 miliar di pasar reguler. Saham emiten pendatang baru PT Triputra Agro Persada Tbk. (TAPG), bersama saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), menjadi tiga saham yang paling banyak dilepas investor asing di pasar reguler.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, dari dalam negeri, berdasarkan RDG BI, Bank Indonesia kembali mempertahankan suku bunga acuan di 3,5%. Bank Indonesia juga menyampaikan pandangannya terkait pertumbuhan ekonomi yang berpotensi lebih lambat di tahun ini. 

"Selain itu, pelaku pasar saat ini akan mencermati dampak dari perpanjangan PPKM Mikro yang berlaku pada 20 April hingga 3 Mei 2021," tulis Pilarmas Sekuritas. 

Annisa Saumi Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait