Bisnis

Presiden Tiongkok janji perdalam hubungan investasi dan perdagangan dengan Afrika

Guterres memperingatkan tentang utang yang 'tidak berkelanjutan'

Kamis, 05 September 2024 14:33

Presiden Tiongkok Xi Jinping memuji hubungan negaranya dengan benua Afrika, Kamis (5/9). Ia mengatakan bahwa hubungan tersebut berada pada "periode terbaik dalam sejarah." 

Ia menyampaikan komentar tersebut pada upacara pembukaan Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC) — pertemuan puncak terbesar yang diselenggarakan Beijing selama bertahun-tahun. 

Xi menjanjikan lebih dari US$50 miliar dalam bentuk pembiayaan untuk Afrika selama tiga tahun ke depan dan berjanji untuk membantu menciptakan satu juta lapangan pekerjaan di benua Afrika. KTT FOCAC diadakan setiap tiga tahun. Tahun ini, pertemuan tersebut dihadiri oleh lebih dari 50 pemimpin Afrika dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, menurut media pemerintah.

KTT tersebut diadakan saat Afrika, yang perlahan bangkit dari serangkaian gagal bayar, berupaya menentukan masa depan kerja samanya dengan pemberi pinjaman terbesarnya yang kini menghadapi kekhawatiran ekonominya sendiri.

Para pemimpin Afrika telah mengamankan sejumlah besar perjanjian dengan mitra-mitra Tiongkok di bidang infrastruktur, pertanian, pertambangan, perdagangan, dan energi.

Fitra Iskandar Reporter
Fitra Iskandar Editor

Tag Terkait

Berita Terkait